Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecantikan Dataran Tinggi Dieng

Kecantikan Dataran Tinggi Dieng - Dataran Tinggi Dieng punyai pemandangan alam yang memanjakan mata. Tidak bingung, teritori ini menjadi satu diantara wisata rekreasi favorite di Indonesia. Ketinggian Daratan Tinggi Dieng yakni sekitaran 2.158 mtr. di permukaan laut. Untuk kamu yang menyukai pegunungan dan situasi dingin, lokasi ini harus kamu masukkan ke wishlist sebagai wisata rekreasi yang hendak didatangi kelak.

Dataran Tinggi Dieng

Daratan Tinggi Dieng berada di propinsi Jawa tengah persisnya antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Ada beberapa tipe rekreasi yang ada di teritori ini dan tentunya worth it sekali untuk refreshing. Kurang lebih ada apakah saja ya? Berikut opsi wisata rekreasi Daratan Tinggi Dieng yang memanjakan mata dan unik.

Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna Daratan Tinggi Dieng punyai warna air yang beralih-alih setiap harinya. Telaga ini terkadang warna hijau, kuning, dan pelangi. Hal tersebut muncul karena telaga itu memiliki kandungan sulfur dan jika terserang cahaya matahari akan keluarkan warna yang lain.

Telaga warna ada di ketinggian dua ribu di permukaan laut dan sebagai telaga terluas yang berada di daratan tinggi. Jika kamu ingin nikmati keelokan telaga ini, kamu dapat menyaksikan di atas bukit Ratapan Angin. Dari sana kamu dapat melihat pemandangan memanjakan mata sekalian nikmati sepoi-sepoi angin di atas bukit.

Saat yang terbaik untuk bertandang kesini yakni saat pagi sampai siang hari. Karena di saat itu, cahaya matahari sedang terik-teriknya hingga kamu dapat menyaksikan telaga yang betul-betul warna.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Salah satunya daya magnet Daratan Tinggi Dieng ialah golden sunrise nya. Untuk kamu yang menyukai menyaksikan matahari keluar, Bukit Sikunir ialah opsi yang akurat. Bukit Sikunir ada di Dusun Ikatan, Wonosobo, Jawa tengah.

Selainnya populer dengan golden sunrise nya, bukit ini punyai delapan gunung disekitaran Bukit Sikunir. Kamu akan dimanja dengan pemandangan memanjakan mata yang dapat membuat kamu terkesima. Panorama gunung-gunung itu akan kelihatan lebih terang saat cuaca ceria.

Untuk capai pucuk bukit ini, kamu perlu mendaki sekitaran 30 - 45 menit dengan akses jalan yang telah mencukupi. Ada tangga dan pegangan disekitaran tangga yang dapat kamu pakai saat mendaki.

Gunung Prau

Gunung Prau

Untuk kamu yang punyai jiwa petualang, Daratan Tinggi Dieng Wonosobo punyai wisata pendakian yang lumayan disukai banyak pelancong. Gunung Prau punyai pucuk ketinggian 2.565 mdpl di permukaan laut dan pas buat kamu yang ingin mendaki untuk pertamanya kali.

Bila Bukit Sikunir punyai pemandangan sunrise nya yang elok, Gunung Prau kebalikannya. Gunung Prau tawarkan pemandangan matahari tenggelam yang tidak kalah fantastis. Saat mendaki, kamu akan menyaksikan bentangan bunga yang elok yang dapat kamu menjadikan spot untuk photo. Disamping itu, kamu bisa juga menyaksikan telaga warna dari pucuk gunung ini. Benar-benar memanjakan mata, kan?

Komplek Candi Arjuna Dieng

Komplek Candi Arjuna Dieng

Selainnya pemandangan alamnya, Daratan Tinggi Dieng punyai lokasi riwayat yang dapat kamu datangi saat ada di teritori ini. Ada 5 buah candi dalam komplek Candi Arjuna ini, yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembrada. Ke-5 candi itu berada sejajar lempeng keduanya.

Candi-candi itu sebagai warisan dari Kerajaan Mataram Kuno yang berada di Dieng. Kamu akan dikitari dengan rumput-rumputan dan panorama yang asri saat ada di sana.

Gardu Pandang Dieng

Gardu Pandang Dieng

Lokasi yang ini kerap jadi alternative untuk menyaksikan golden sunrise tetapi tidak sempat mendaki ke Bukit Sikunir. Nyaris setiap paginya, lokasi ini lebih banyak didatangi untuk nikmati cantiknya matahari keluar.

Kamu akan nikmati panorama bukit-bukit kebiruan yang diselimuti kabut tipis dan pedesaaan dari arah timur. Di arah selatan kamu akan melihat salah satunya pegunungan yang membubung tinggi di Dieng, yakni Gunung Sindoro.

Saat ada di sini kamu bakal jadi ada di atas awan . Maka lumrah saja jika Dieng dipanggil bernama negeri di atas awan.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang tercipta dari letusan Gunung Prau sekian tahun lalu. Kawah ini ada di tanah yang datar hingga gampang dicapai oleh beberapa pelancong yang ingin menyaksikan kegiatan vulkanik yakni lumpur panas meletus-letup dan gas yang warna putih bergabung pada udara.

Selain kegiatan vulkaniknya, kawah ini populer dengan kolam kawahnya yang beralih-pindah tiap 4 tahun sekali. Kawah khusus akan seakan-akan melonjak pada sebuah tempat seperti hewan kijang yang menyukai melonjak. Hingga banyak pelancong yang tiba untuk melihat peristiwa unik itu.

Posting Komentar untuk "Kecantikan Dataran Tinggi Dieng"