Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Padang Situs Bersejarah di Indonesia

Gunung Padang Situs Bersejarah di Indonesia - Indonesia tidak cuman dikenali dengan panorama alamnya yang memanjakan mata, lho. Indonesia rupanya dikenal juga pada website monumentalnya yang go-international. Salah satunya situs monumental di Indonesia yang mengagetkan arkeolog dunia ialah Gunung Padang.

Gunung Padang

Situs Gunung Padang berada di Daerah Gunung Padang, Daerah Cipanggulan, Dusun Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.

Penemuan situs Gunung Padang Cianjur terdaftar di tahun 1891. Di saat itu periset dari Belanda sudah mengatakan nama Gunung Padang dalam tulisannya yang cuman ada 4 teras. Sekarang ini tercatat ada 5 teras di website Gunung Padang.

Arkeolog menjelaskan jika situs Gunung Padang ialah piramida yang terpendam dan telah ada semenjak 8000 tahun saat sebelum masehi. Maknanya, website ini lebih tua dibanding dengan Piramida Giza di Mesir yang umurnya 2500 tahun saat sebelum masehi.

Seterusnya, susunan piramida Gunung Padang diketemukan pertama kalinya pada era ke-19. Pada penemuan awalannya, situs itu simpan barisan pilar batu kuno. Susunan piramida itu simpan tersisa kuil kuno yang terselinap sepanjang beberapa ribu tahun di bawah tanah.

Bukit miring yang menyangga pucuk situs rupanya dibikin oleh manusia pada periode lalu dan bukan sisi dari lanscape alam berbatu. Gunung Padang disebut sebagai situs megalitikum paling besar di Asia Tenggara. Wah, Indonesia rupanya benar-benar kaya ya!

Ada mistis Gunung Padang yang dipercaya kuat sebagai tempat penyembahan nenek moyang dan tempat upacara pada periode itu. Kepercayaan itu ditunjukkan hasil dari ekskavasi yang sudah dilakukan beberapa arkeolog Indonesia.

Gunung Padang

Warga di tempat yakin jika website ini sebagai situs penyembahan tempat yang sempat ditempati oleh Prabu Siliwangi pada jaman kemasyhuran Kerajaan Padjajaran.

Hingga saat ini mistis Gunung Padang belum juga terlewati, lho. Banyak yang ngomong, bila menjumpai titik jelas ucapnya akan mengganti aturan riwayat yang sudah berkembang dalam masyarakat.

Nach, jika kamu ingin bertandang ke website ini, jaraknya cuman 32 km saja dari alun-alun Cianjur dengan perjalanan sepanjang 1 jam. Kamu dapat terhubung jalan ini dengan kendaraan motor atau mobil.

Website ini membuka pada jam 08.00 - 16.00 WIB. Kamu akan ditemani oleh pemandu di tempat sepanjang ada di sana. Untuk ongkos masuknya sendiri, kamu perlu keluarkan uang Rp5 ribu dan Rp10 ribu bila ingin ditemani oleh pemandu.

Untuk sampai ke pucuk Gunung Padang, kamu akan naiki tangga yang mempunyai kemiringan 0 derajat. Tetapi tenang saja, tangga ini kuat dan kuat jadi tidak akan ambruk saat menaikinya.

Saat sampai pada injakan pertama, kamu akan dihidangkan dengan batu-batuan sebagai bukti peradaban waktu itu. Setiap injakannya punyai wujud batu yang berbeda dan benar-benar kuat. Pada injakan ke-5, kamu akan dibikin kagum dengan batu ukir-pahatan yang unik ciri khas Tanah Sunda, yakni Kujang.

Kekhasan lain dari situs Gunung Padang yakni dapat keluarkan bunyi-bunyian pada bagian-bagian batunya, seperti alat musik dengan ciri khas suara tertentu. Mayoritas batu di website ini sebagai bebatuan andesit basaltis yang warna abu-abu gelap.

Tidak hanya budayanya, website ini tawarkan panorama alam yang elok dan eksotik. Pas buat kamu yang sedang cari wisata rekreasi anti mainstream dan tentunya worth it sekali.

Jika kamu memilih untuk tiba kesini, janganlah lupa selalu untuk patuhi ketentuan yang ada ya. Karena bagaimana juga, kamu ialah pendatang yang masuk teritori asing.

Demikian Informasi Wisata Rekreasi tentang Gunung Padang Situs Bersejarah di Indonesia, bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar kami. Jangan lupa bagikan ke rekan wisatawan anda agar mereka juga tahu.

Posting Komentar untuk "Gunung Padang Situs Bersejarah di Indonesia"