Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Belitung Yang Memanjakan Mata

Tempat Wisata di Belitung yang Memanjakan Mata - Telah mengatur cuti tahun akhir tetapi tetap kebingungan ingin ke mana? Atau lama ingin berkunjung Belitung tetapi tetap saja mundur-maju? Nach, waktunya menguatkan hati dengan opsi lokasi wisata sekalian kenyamanan yang hendak peroleh saat bertandang ke Belitung.

Info Tempat Wisata di Belitung

Pertama, harus diingat ya Lapangan terbang Belitung namanya Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin. Terhitung semenjak Oktober 2019, pengendaliannya digenggam oleh PT Angkasa Pura II atas amanat sah Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 

Maknanya, service yang hendak dirasa beberapa penumpang saat ada di lapangan terbang H.A.S. Hanandjoeddin tentu saja akan disamakan dengan standard keamanan dan kenyamanan seperti di 18 lapangan terbang lain di tanah air yang diatur Angkasa Pura II.

Lapangan terbang yang dahulunya namanya Bandar Udara Buluh Roboh berada di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Bandar Udara ini layani penerbangan lokal dan internasional, Anda yang dari Jakarta dan sekelilingnya dapat terbang langsung dari lapangan terbang Soekarno Hatta (Cengkareng/CGK - Tanjung Pandan/TJQ).Beberapa titik wisata di Belitung dapat dilakukan secara mudah dari lapangan terbang H.A.S. Hanandjoeddin, salah satunya:

1. Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin

Cuman 16 menit berkendaraan memakai mobil dari lapangan terbang, akan datang di Danau Kaolin. Danau yang mempunyai warna dataran yang putih bersih dan air yang warna biru berpijar. Danau ini bukanlah datang dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja, tetapi tercipta dari sisa tempat pertambangan Kaolin yang sudah ditinggal dan alam memperbaiki keelokannya.

Danau Kaolin persisnya ada di Dusun Air Raya Tanjungpandan, memiliki jarak 10 menit saja dari pusat perkotaan. Lokasinya yang paling Memanjakan mata sering jadi lokasi video dan foto yang memikat untuk pelancong.

2. Pantai Tanjung Simpan

Pantai Tanjung Simpan

Untuk fans kerajinan tangan, atau Ayang ingin menyaksikan kreasi masyarakat lokal sekalian nikmati cantiknya pantai, Tanjung Simpan ialah lokasi yang akurat. Terkenal sebagai titik untuk nikmati sunset, dapat santai pendopo yang telah disiapkan di sejauh pantai atau duduk manis di pasir di bawah jejeran pohon yang meneduhan untuk melihat langit ganti warna.

Tidak perlu berpikir panjang, cuman 25 menit saja dari lapangan terbang, kalian telah datang di pantai Tanjung Simpan. Dengan pasir putihnya dan air laut yang tenang, pengunjung juga dapat berenang rileks di sejauh pantai ini. 

Dari kejauhan sebuah pulau akan terlihat secara jelas. Itu Pulau Kalimuak, pulau kecil yang simpan beberapa warisan jaman penjajahan, seperti tugu dan sumur tua yang diperhitungkan sebuah terowong, dan gapura dan gazebo berpenampilan Tiongkok dan beberapa benda yang dikeramatkan.

3. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah pulau di Belitung yang mempunyai mercusuar kuno dengan tinggi 70 mtr. yang dibuat pada jaman penjajahan Belanda 1882. Nilai riwayat di sini populer dengan cerita yang terjadi pada era ke-17 di mana Pulau Belitung menjadi tujuan dagang beberapa saudagar China dan Arab. Ini ditunjukkan dengan penemuan keramik-keramik Dinasti Ming dari era 17 di daerah tambang Kepenai, Buding, dan Kelapa Kampit.

Pulau Lengkuas bisa diraih dengan sewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yakni Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi. Waktu pintas memakai perahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memerlukan waktu kira-kira 20 menit. Dalam pada itu, diperlukan waktu kira-kira 30-45 menit jika menumpang perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi.Untuk ke arah lokasi persewaan perahu, perjalanan memakan waktu sekitaran 1/2 jam dari lapangan terbang H.A.S Hanandjoeddin.

4. Dusun Nelayan Tanjung Binga

Dusun Nelayan Tanjung Binga

Saat sebelum melaut ke Pulau Lengkuas, bagusnya berkunjung di Dusun Nelayan Tanjung Binga, langsung dari banadra sama waktu menempuh sekitaran 30 menit saja. Melewati daerah ini, pengunjung akan dihidangkan panorama ikan-ikan sebagai hasil tangkapan nelayan yang dijemur di tepi jalan.

Disamping itu, keramahan warga daerah membuat pengunjung akan berasa nyaman saat singgah ke daerah sebagai pemroduksi ikan asin paling besar di Belitung ini. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan nanti akan ditawarkan ke semua Belitung dan Jakarta. Tipe ikan sebagai hasil tangkapan nelayan ialah ikan Laisy.

5. Batu Mentas

Batu Mentas

Lokasi persisnya ada di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat. Kalian dapat meraihnya dengan memakai mobil dari lapangan terbang sepanjang lebih kurang 30 menit. Batu Mentas mempunyai keelokan alam sama air sungainya yang jernih dan dikitari beberapa ribu batu granit, dan rimba yang lebat, dan kekhasan flora dan fauna.

Disamping itu di batu Mentas ada penangkaran hewan paling langka yakni Pelilean dan Rusa Belitung.Belum juga kehidupan warga lokal dengan sentral kebun nanas dan ladanya, akan menjadi pengalaman hebat saat berukunjung ke sana. Masyarakat Batu Mentas populer dengan ketrampilan membuat kerajinan anyaman dan kerajinan rotan, yang pas untuk oleh-oleh.

Demikian Informasi Tempat Wisata di Belitung yang Memanjakan Mata, bila ada info yang kurang jelas silahkan tanyakan kepada kami dengan berkomentar. Jangan lupa bagikan ke rekan wisatawan agar mereka tahu tempat seru ini.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata di Belitung Yang Memanjakan Mata"