Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik Sekitar Masjid Agung Demak yang Tidak Banyak Orang Tahu

5 Fakta Menarik Sekitar Masjid Agung Demak yang Tidak Banyak Orang Tahu - Sebagai pencinta wisata religius, rasanya belum komplet jika kamu belum bertandang ke Masjid Agung Demak. Yang sangat menarik di Masjid ini ialah beragam bukti unik yang tidak dipunyai oleh Masjid yang lain berada di Indonesia. Masjid Agung Demak sebagai salah satunya Masjid sebagai saksi riwayat penebaran agama Islam terutamanya di Indonesia. Masjid yang dibangun oleh Raden Patah sekitaran era ke-15 Masehi ini jadi tempat berkumpulnya Walisongo lo..

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak menjadi satu diantara Masjid paling tua yang berada di Indonesia. Walau demikian, bangunannya masih kuat. Bahkan juga sampai sekarang ini masih jadi daya magnet pelancong lokal atau luar negeri. Ini menjadi satu diantara icon dari kota Demak di Jawa tengah. Yang membuat pelancong ingin tahu dan ingin bertandang langsung ialah beragam kekhasan yang berada di Masjid itu. Kamu pasti juga ingin tahu kan?

Atapnya yang berupa limas dan seperti bangunan Pura

Sisi atap Masjid Agung Demak ini benar-benar serupa dengan bangunan Pura (Atap Judul). Bentuknya sebagai kombinasi di antara style arsitektur Majapahit dengan ciri khas rumah tradisi Jawa tengah. Di bagian atap dibikin bersusun 3 yang menyimbolkan faktor mencakup Iman, Islam, dan Ihsan. Bahkan juga ada yang mengatakan jika satu dari jenjang atap itu dibikin dari lihat (kerak nasi) yang dibikin oleh salah satunya Walisongo, yakni Sunan Kalijaga. Hmm… Menarik ya.

Tempat wudhu yang monumental. Berbeda dari lainnya dasarnya

Ada yang lain dari tempat wudu di Masjid Agung Demak. Di sini kamu akan menyaksikan kolam yang dalamnya capai 5 mtr. dan ada batu hitam yang ukuran berlainan. Kabarnya, kolam itu digunakan Walisongo untuk wudu. Walau saat ini tidak digunakan, tetapi banyak pelancong yang ingin tahu dengan tempat wudu yang digunakan oleh beberapa wali yang sudah menebarkan agama Islam.

Pintu khusus yang diberi nama pintu bledek

Kemungkinan banyak yang menanyakan kenapa namanya unik, yakni pintu bledek. Ini ada juga sejarahnya lo, rupanya pintu ini ialah kreasi dari Ki Ageng Selo yang disebut wali penangkap petir yang dahulu terjadi sekitaran tahun 1446 Masehi. Pintu ini mempunyai kekhasan tertentu yang dibuat dari kayu jati dengan ukir-pahatan arti yang dalam. Salah satunya sebagai daya magnet ialah ada dua kepala naga. Dalam budaya Jawa dikenali dengan lambang Condro Sengkolo (pertanda waktu).

Mihrab Masjid yang unik karena ada prasasti bulus

Tentu kamu bertanya, kok dalam Masjid ada binatang semacam kura-kura? Rupanya prasasi bulus ini sebagai Candara Sengkala Memet yang artinya Sariro Sunyi Kiblating Gusti. Di bagian luar dinding Mihrab ada kaligrafi tulisan Arab yang mengapit Surya Majapahit. Ingin tahu kan?

Tiang penyangga yang dibuat dari tatal tersisa ketaman

Jika kamu menyaksikan sepintas, tentu saja hampir serupa seperti Masjid secara umum. Menurut riwayat, tiang yang disebutkan Saka ini dibikin oleh Sunan Kalijaga, Sunan Gunungjati, Sunan Bonang, dan Sunan Ampel dan dengan bahan serpihan kayu yang tidak utuh. Pada akhirannya, serpihan itu digabungkan dan berupa utuh yang kuat sampai sekarang ini.

Masjid Agung Demak memang mempunyai style unik dan kekhasan tertentu. Kamu yang ingin tahu dan langsung ingin menyaksikannya dapat tiba langsung ke lokasi yang beralamatkan di Daerah Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa tengah. Kapan ingin ke situ nih?

Demikian info wisata tentang 5 Fakta Menarik Sekitar Masjid Agung Demak yang Tidak Banyak Orang Tahu, jangan lupa bagikan ke teman wisatawan anda agar mereka mengunjunginya. Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan lewat kolom komentar.

Posting Komentar untuk "5 Fakta Menarik Sekitar Masjid Agung Demak yang Tidak Banyak Orang Tahu"